Wisata Edukasi ke Planetarium dan Perpustakaan Nasional

Tidak perlu pergi ke luar angkasa untuk mengenalkan anak-anak belajar ilmu perbintangan. Pada kesempatan kali ini Rabu, 7 Maret 2018 Homeschooling biMBA-AIUEO melaksanakan kegiatan Study Tour. Kami mengunjungi kedua tempat yaitu Planetarium Jakarta dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PERPUSNAS).

Di Planetarium Jakarta yang terletak di Taman Ismail Marzuki anak-anak diperkenalkan dan diberikan penjelasan oleh pemandu mengenai benda-benda yang ada di luar angkasa. Di dalam ruang pertunjukkan dilengkapi proyektor bintang yang terletak di tengah ruangan berfungsi untuk memproyeksikan cahaya pada atap kubah planetarium, untuk menghasilkan cahaya benda-benda langit seperti bintang-bintang, planet, bulan dan lain-lain sehingga menghasilkan gambaran keadaan langit malam sebenarnya.

Sambil duduk bersandar kami pun menikmati jalannya pertunjukkan. Hal paling menarik ketika pemandu menjelaskan tentang rasi bintang. Ada rasi bintang scorpio, libra, gemini dll. Sekilas nama-nama tersebut kita ketahui adalah zodiac. Rasi bintang ini pada zaman dahulu digunakan untuk menentukan arah mata angin. Tidak hanya itu saja kami pun lalu mengunjungi museum luar angkasa dan tak lupa berfoto bersama dengan Kepala Planetarium yaitu Bapak Eko Wahyu Wibowo, selaku Kepala Satuan Pelaksanan Teknis Pertunjukan dan Publikasi Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki.

Perjalanan kedua kami yaitu Perpustakaan Nasional. Jarak tempuh dari Planetarium Jakarta ke PERPUSNAS tidak terlalu jauh, hanya 30 menit kami sudah tiba di PERPUSNAS. Gedung PERPUSNAS ini terdiri dari 24 lantai. Sangat menakjubkan! Di sini anak-anak homeschooling berkeliling gedung dan diberikan kebebasan untuk memilih serta membaca buku sesuai keinginan mereka.

Bagi anak-anak yang belum menjadi anggota perpustakaan bisa langsung membuat kartu anggota di lantai dua. Di lantai tujuh terdapat koleksi buku anak dan ruang baca yang nyaman bagi anak-anak, lansia dan disabilitas. Di lantai 24 kita juga bisa membaca buku sambil melihat panorama area monas. Kami sangat menikmati perjalanan hari ini, selain menambah pengetahuan baru, kami pun mendapatkan tempat untuk membaca yang nyaman dan jauh dari kesan membosankan. (SH/Ern)

Antusiasme anak Homeschooling biMBA-AIUEO mengikuti kegiatan Study Tour
Antusiasme anak Homeschooling biMBA-AIUEO mengikuti kegiatan Study Tour
Mengunjungi Planetarium Jakarta
Kunjungan ke Planetarium Jakarta
Ruang pertunjukan Planetarium Jakarta
Ruang pertunjukan Planetarium Jakarta
Ruang baca Perpustakaan Nasional
Ruang baca Perpustakaan Nasional