Perawatan Tepat Untuk Bibir Kering

Oleh: Maira

Aktivitas yang padat seringkali membuat kita lupa untuk minum air mineral, yang dapat membuat tubuh kekurangan cairan. Seperti yang kita ketahui, kekurangan cairan umumnya dapat menyebabkan dehidrasi dan kurang fokus. Lebih umumnya lagi, bibir kita seringkali ‘pecah-pecah’ alias kering. Bagi kalian yang kerap mengalami hal yang sama, yuk simak tipsnya!

1. Jangan menjilat bibir.

Saat kamu merasa bibirmu kering, kebiasaan menjilat bibir sulit untuk dihindari. Ditambah lagi dengan jadwal yang padat, membasahi bibir dengan air liur kerap menjadi solusi dadakan. Ternyata, kebiasaan ini justru berdampak buruk pada kelembapan bibirmu. Nyatanya, kebiasaan ini justru membuat bibirmu tambah kering.

Sifat air liur yang mudah mengering membuat bibirmu jadi lebih kering dari sebelumnya. Apalagi untuk kamu yang sehari-hari beraktivitas di bawah AC, kebiasaan ini harus-kudu-wajib kamu hindari. Lebih baik minum air mineral barang seteguk-dua teguk dari pada membasahi bibirmu dengan air liur.

2. Stop menggigit bibirmu!

Sadar gak sadar, saat kamu sedang resah atau gugup kamu akan menggigit bibirmu. Entah bibir bagian dalam atau sampai bibirnya tak kelihatan, kebiasaan ini harus dihentikan. Kegiatan ini bisa merusak lapisan dan menimbulkan trauma di bibir, yang akan memperparah keadaan bibirmu yang sudah pecah-pecah. Kamu bisa mengalihkan bentuk pelampiasan gugupmu pada yang lain, seperti mengepalkan tangan, tarik napas buang napas, … atau apapun itu, asal jangan menggigit bibirmu, karena menggigit bibir is a big ‘no’ for your dry lips. 

3. Sudah parah, jangan dibikin berdarah!

Nah, ini beda lagi. Saat ‘Si sibuk’ sampai lupa minum air, ‘Si pengangguran’ malah mengelupas lapisan yang bibir yang kering. Alasannya macam-macam, dari yang “Gak enak, kayak ada yang gelantungan,” atau mungkin: “Seru sih, hehe.”

Tak hanya sekadar dikelupas, bahkan bibirnya sampai dibuat berdarah. Untuk bibirmu yang keringnya bandel, kamu bisa pakai madu atau lip balm daripada dikeletek. Jangan lupa, perbanyak minum air mineral, karena itu satu-satunya cara termurah dan termudah.

Dari sekian banyaknya tips dan obat yang ribet, sekali lagi, minum air mineral ialah cara terampuh bin mujarab. Karena dari cukupnya cairan dalam tubuh, yang terkena dampak baiknya bukan hanya bibir, tapi lancarnya semua organ tubuh dalam bekerja sesibuk apapun kamu. Kalo kata mas-mas iklan susu di televisi: “Trust me, it works!”

Sumber: http://mai5104.blogspot.com/2018/04/perawatan-tepat-untuk-bibir-kering.html