Kegiatan

LIFE SKILL

Kegiatan-kegiatan yang menjadi minat dan bakat anak-anak yang berhubungan dengan keahlian hidup dan bisa menjadi suatu profesi. Dalam kegiatan ini peran orangtua sangatlah besar untuk mendukung. Anak-anak lebih diarahkan pada kegiatan-kegiatan yang menjadi minat dan bakatnya. Dalam kegiatan ini dukungan yang besar dari orangtua antara lain adalah untuk mencarikan ahlinya dalam membimbing anak-anaknya. Misal yang suka musik les musik , yang suka bola les bola sedangkan yang suka melukis les melukis dan sebagainya.

ONE WEEK ONE STORY

Kegiatan ini merupakan kegiatan membaca cerita dalam bahasa Inggris. dalam satu minggu anak-anak diharapkan dapat membaca satu cerita dan mengetahui isi cerita tersebut. Tujuan utamanya adalah mengarahkan anak-anak untuk lebih suka membaca dan melatih cara pengucapan dalam bahasa inggris dan belajar mengartikannya.

 

INSPIRING STORY

Kegiatan di mana tutor atau homeschooler akan menceritakan kisah-kisah yang data memotivasi atau menginspirasi. Bisa berupa pengalaman tutor atau siswa (sharing), juga bisa pengalaman pengalaman tokoh sukses diIndonesia atau manca negara.

OUTING

Outing adalah kegiatan yang dilakukan diluar kelas atau keluar rumah dengan mengunjungi tempat-tempat yang mengandung nilai pendidikan. Tempat tersebut antara lain :
1. Bisa didalam tempat tertutup misal museum, perpustakaan dll
2. Tempat terbuka misal kebun satwa, kebun flora, kerajinan rakyat, rumah-rumah adat dan suku-suku yang masih menjaga keaslian adat istiadatnya (misal suku badui), dll.

 

FAMILY GHATERING

Merupakan kegiatan yang dilakukan oleh siswa komunitas dan distance learning atau keseluruhan homeschooler untuk saling bertemu dan berinteraksi. Acara biasanya akan disusun dan disesuaikan dengan tema dan kondisi. Dalam acara ini orangtua homeschooler terlibat langsung dalam penyusunan dan pelaksanaan acara. Acara ini dilaksanakan minimal satu semester sekali atau disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

 

REPORT

Untuk Komunitas Report akan dievaluasi setiap minggu. Setiap hari senin akan diadakan evaluasi tentang segala kegiatan minggu lalu dan rencana kegiatan dalam minggu yang bersangkutan. Di sini orangtua juga harus bertanggung-jawab atas segala kegiatan putra/putrinya dengan ikut mengevaluasi report mingguan dan memberi paraf tersebut atau cek list. Evaluasi dilakukan lewat blog masing-masing siswa/siswi.
KEGIATAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN ORANGTUA WALI MURID :

PARENT’S MEETING
Kegiatan ini dilakukan tiap bulan. Dalam kegiatan ini antara orangtua dan pihak homeschooling saling sharing tentang perkembangan anak. Jadi pihak homeschooling tidak memberikan laporan tetapi orangtua bisa mngecek diblog anak-anak. Orangtua/walimurid diharapkan untuk selalu belajar dan menambah ilmu tentang homeschooling dari buku-buku dan internet.

 

BIMBINGAN KONSELING

Adalah salah satu bentuk pelayanan kepada homeschooler dan orangtua berkaitan dengan kondisi psikologi maupun sosial yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini meliputi pengarahan/bimbingan cara belajar yang baik, pengarahan mencari. materi pembelajaran, pemberian motivasi belajar, konsultasi pribadi baik orangtua maupun homeschooler. Bimbingan konseling dibagi menjadi 2 yakni :
1. Free.
1. Akan diberikan pada saat pendaftaran baik untuk orangtua ataupun calon siswa
2. Konseling yang melalui media sosial