Facebook Akan ditutup, Apakah Anda Siap?

Oleh: Ranu

Facebook yang penggunanya sangat banyak tersebut kabarnya akan ditutup sementara. Alasannya ada satu juta akun pengguna Indonesia yang bocor. “Penghentian operasi sementara saya punya hak untuk itu,” ujar Rudiantara menteri Kominfo.

Dugaan bocornya akun Facebook ini disebabkan oleh aplikasi kuis atau aplikasi ketiga. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta kepada facebook untuk menghapus aplikasi tersebut. “Ternyata saya hari ini dapat lagi, aplikasi seperti (yang dipakai) Cambridge Analytica itu,” Ujarnya.

Facebook berjanji akan memberitahu nasib data pengguna Indonesia. Beberapa yang mereka janjikan adalah menghapus aplikasi pihak ketiga dan menemukan tujuan penggunaan data yang bocor. Sebelumnya Henri Subiakto, staf ahli Menkominfo, berkata tak tertutup kemungkinan bahwa data dari pengguna Indonesia yang bocor tadi dimanfaatkan dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

Facebook sendiri dijadwalkan menghadiri rapat dengar pendapat umum dengan Komisi I DPR RI dengan agenda menjelaskan kejadian bocornya satu juta lebih data pengguna Facebook asal Indonesia yang digelar Senin siang (10/4).

Indonesia menempati urutan ketiga dalam daftar paling terdampak dari kebocoran data yang melibatkan Cambridge Analytica setelah Amerika Serikat dan Filipina. Total data yang diduga bocor ke lembaga analitik itu mencapai 87 juta akun. (eks)

Bagi Saya yang masih ketergantunggan kepada Facebook sangat keberatan akan hal ini. Karena 50% masalah yang saya hadapi rata-rata ada solusinya di grup facebook.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180410120851-185-289652/lusa-batas-waktu-kominfo-sebelum-blokir-facebook

Sumber: http://ranu-go.blogspot.com/2018/04/facebook-akan-ditutup-apakah-anda-siap.html